Akuntasi Islam
 
Semua BlogAkuntasi IslamTentang IslamMotivasi BisnisKinerja

Sejarah Perkembangan Akuntansi Islam
Sejarah Perkembangan Akuntansi Islam

Akuntansi pertama kali dikenal di Indonesia sekitar tahun 1960 an, sementara akuntansi konvensional yang kita pahami dari berbagai literature menyebutkan bahwa akuntansi pertama kali berkembang di Italia dan dikembangkan oleh Lucas Pacioli (1494). Pemahaman ini sudah mendarah daging pada masyarakat akuntan kita. Olehnya itu, ketika banyak ahli yang mengemukakan pendapat bahwa akuntansi sebenarnya telah berkembang jauh sebelumnya dan di mulai di arab, akan sulit diterima oleh masyarakat akuntan.

  1. Konsep akuntansi pada awal munculnya Islam
    Setelah munculnya islam di semenanjung arab dibawah kepemimpinan Rasulullah saw, serta telah terbentuknya daulah islamiyah di madinah, mulailah perhatian Rasulullah untuk membersihkan muamalah maaliah (keuangan) dari unsur-unsur riba dan dari segala bentuk penipuan, pembodohan,perjudian, pemerasan, monopoli, dan segala usaha pengambilan harta orang lain secara batil. Bahkan Rasulullah lebih menekankan pada pencatatan keuangan. Rasulullah mendidik secara khusus beberapa orang sahabat untuk menangani profesi ini dan mereka diberi sebutan khusus, yaitu hafazhatul amwal (pengawas keuangan).
     
  2. Akuntansi Setelah Runtuhnya Khilafah Islamiyah
    Runtuhnya Khilafah Islamiyah serta tidak adanya perhatian dari pemimpin-pemimpin islam untuk mensosialisasikan hukum islam, serta dengan dujajahnya kebanyakan nagara islam oleh negara-negara eropa, telah menimbulkan perubahan yang sangat mendasardisemua segi kehidupan ummat islam, termasuk di bidang muamalah keuangan.Pada fase ini perkembangan akuntansi didominasi oleh pikiran pikiran barat. Para muslim pun mulai menggunakan sistem akuntansi yang dikembangkan oleh barat.
     
  3. Kebangkitan Baru dalam Akuntansi Islam
    Kebangkitan islam baru telah menjangkau bidang muamalah secara umum, dan bidang-bidang finansial, serta lembaga-lembaga keuangan secara khusus. sekelompok pakar akuntansi muslim telah mengadakan riset dan studi-studi ilmiah tentang akuntansi menurut islam. Perhatian mereka lebih terkonsentrasi pada beberapa bidang, yaitu bidang riset, pembukuan, seminar atau konverensi, pengajaran dilembaga-lembaga keilmuan dan perguruan tinggi, serta aspek implementasi pragmatis.

Demikian sedikit artikel yang kami haturkan. semoga dapat menyambung kata-kata lagi. 





Berikan Komentar Via Facebook

Akuntasi Islam Lainnya
Ilmu Pengetahuan Sangat Berpengaruh Terhadap Kinerja

Ilmu Pengetahuan Pasti Dapat Meningkatkan Kinerja

Ilmu Pengetahuan Sangat Berpengaruh Terhadap Kinerja
Sabtu, 09 September 2023 14:04 WIB
Apakah benar, ilmu pengetahuan dapat meningkatkan kinerja karyawan? Ya, benar bahwa ilmu pengetahuan dapat meningkatkan kinerja karyawan. Terdapat berbagai cara di
Ramadhan Tiba, Kebiasaan Lama Pun Tiba

Ramadhan Tiba, Kebiasaan Lama Pun Tiba
Minggu, 09 Mei 2021 19:47 WIB
Marhaban ya Ramadhan, selamat datang bulan suci dan bulan penuh berkah. Ketika ramadhan dimulai banyak orang yang mempunyai kebiasaan lama
SUKSES BISNIS AFILIASI

SUKSES BISNIS AFILIASI
Minggu, 10 September 2023 06:55 WIB
Apa kiat-kiat sukses menjalankan bisnis afiliasi? Terdapat beberapa kiat sukses yang dapat membantu Anda dalam menjalankan bisnis afiliasi dengan lebih efektif.
Mencuri Benih, Benarkah Dosanya Terus Berkembang?

Mencuri Benih, Benarkah Dosanya Terus Berkembang?
Minggu, 09 Mei 2021 19:45 WIB
Almarhum Bapa adalah seorang petani,  petani dengan beberapa petak sawah untuk menghidupi kami sekeluarga. Suatu saat setelah musim tebar benih